ZsD5hnIE6O2ddJn9kf6dXAULEd6pQ4m1e9YEB0V2gIM

Kontak Kami

Order Sekarang : HP. 08121903281 (WA)

Buka Jam 08.00 s/d 17.00 : Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
INFO PRODUK KEFIR 1 : Faura Probiotics Susu Kefir INFO PRODUK KEFIR 2 : Faura Probiotics Masker Kefir INFO PRODUK KEFIR 3 : Faura Probiotics Es Krim ORDER : Perumahan Citraraya, Parkview Residence Blok Y8 No. 38, Cikupa, Tangerang, HP. 08121903281 (WA), BBM : 5B9C79CF, Email : kefirsehatcantik@gmail.com
Beranda » Sejarah KEFIR

Sejarah KEFIR

Sejarah Kefir – Dari berbagai referensi sejarah, diketahui bahwa  minuman kefir telah dikenal dan dikonsumsi secara meluas oleh masyarakat dari suku-suku nomaden yang tinggal di lereng utara pegunungan Kaukasus sejak 1400 tahun yang lalu.

north-caucasus

north-ossetia-1
Lereng utara pegunungan Kaukasus

kefir-grain-in-a-dishDi dalam masyarakat ini terdapat legenda yang meyakini bahwa Rasulullah Muhammad s.a.w yang memberikan bibit kefir ini dan mengajarkan bagaimana cara membuat kefir dengan menggunakan bibit kefir ini kepada penduduk suku ini. Oleh karena itu bibit kefir (kefir grain) juga dikenal dengan nama grains of prophet.

Masyarakat ini menjaga bibit kefir dengan sangat hati-hati seperti pusaka dan mewariskannya secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya. Mereka tidak membagikan bibit  dan pengetahuan ini kepada  masyarakat lain karena mereka percaya bila jatuh ke tangan orang lain, maka bibit ini akan kehilangan keampuhan ajaibnya.  Mereka dikenal mempunyai tingkat kesehatan yang baik dan berumur panjang.

Selama berabad-abad mereka menikmati kefir ini sendiri tanpa berbagi  pengetahuan dengan masyarakat lain yang berhubungan dengan mereka. Mereka menjamu minuman kefir kepada para tamu, akan tetapi mereka tetap menjaga kerahasiaan bibit kefir. Marco Polo bersama ayah dan pamannya dalam ekspedisi ke Asia pada tahun 1271,  pernah mengunjungi daerah ini. Dia mencatat dalam bukunya tentang minuman kefir ini.  Inilah yang menjelaskan mengapa kefir ini penuh misteri dalam jangka waktu yang lama sekali.

Produksi dan penyebaran kefir ke seluruh dunia

Pada bulan November tahun 1881, ahli botani dari Jerman, Eduard Kern melaporkan kepada Botanic Society di St. Petersburg tentang kefir,  minuman misterius, yang secara eksklusif dimiliki oleh penduduk pegunungan Kaukasus, yang membuat penduduk ini mendapatkan kesehatan yang baik dan berumur panjang hingga lebih dari 110 tahun.

Pada tahun 1908 beberapa anggota dari perkumpulan the All Russian Physician’s Society menginginkan agar mereka mempunyai kefir untuk keperluan pengobatan pasien-pasien. Mereka terinspirasi oleh Elie Metchnikoff, seorang ilmuwan Rusia, yang mendapatkan hadiah Nobel, yang pada tahun 1907 mengadakan peneltian tentang manfaat kefir, minuman susu yang difermentasi dengan bakteri asam laktat, yang menakjubkan. Mereka mengetahui bahwa penduduk lereng utara pegunungan Kaukasus ini sehat dan berumur panjang karena mereka mengkonsumsi kefir.

Mereka mendekati Blandov bersaudara, keluarga pemilik bisnis susu olahan (dairy) di Moskow dan pembuat keju yang juga memiliki tanah di daerah pegunungan itu. Blandov diminta untuk membeli bibit kefir dan agar mengolahnya menjadi minuman kefir. Blandov sangat tertarik karena ini akan menjadikan keluarganya menjadi satu-satunya dan yang pertama sebagai produsen kefir bila berhasil mendapatkan bibit kefir.

Blandov mengutus salah satu pekerjanya, seorang gadis muda yang cantik bernama Irina Sakharov untuk menemui pangeran  lereng pegunungan Kaukasus saat itu yaitu Bek-Mirza Barchorov. Irina diinstruksikan agar ramah dan membujuk pangeran Barchorov agar bersedia memberikan bibit kefir. Walaupun pangeran Barchorov tertarik tdengan kecantikan Irina dan tidak ingin kehilangan-nya, tetapi dia tetap tidak ingin memberikan “grain of prophet” karena tetap memegang teguh aturan adat untuk tidak memberikan kepada orang/masyarakat asing. Merasa tidak dapat menjalankan misinya, akhirnya Irina beserta rombongan pulang kembali ke Moskow. Akan tetapi dalam perjalanan pulang, dia dicegat dan diculik oleh beberapa anggota suku pegunungan ini, yang diutus oleh pangeran Barchorov,    yang kemudian menyerahkan Irina kembali ke  pangeran Barchorov.  Irina diminta agar menikah dengan pangeran Bek-Mirza Barchorov. Hanya karena keberanian pengiringnya yang akhirnya bisa membebaskan Irina.

Irina melaporkan kejadian ini ke pengadilan setempat. Tsar yang berkuasa dan memerintah yang luas wilayahnya hingga ke daerah pegununan Kaukasus, kemudian menangkap pangeran Barchorov dan kemudian mengadilinya dengan tuduhan penculikan dan penistaan terhadap Irina. Pangeran Barchorov mencoba bernegosiasi agar bisa dibebaskan dengan tebusan emas dan perhiasan. Akan tetapi ditolak, dan hanya bisa dibebaskan bila memberikan sejumlah bibit kefir. Akhirnya dengan tebusan 10 pound (22 kg)  bibit kefir, pangeran Barchorov dibebaskan. Bibit kefir ini diberikan ke Blandov bersaudara.

Pada tahun 1908 itu, Blandov bersaudara segera membuat produksi botol pertama kefir. Produk ini segera didistribusikan ke Moskow dan ke beberapa kota kecil di sekitarnya. Produksi kefir ini segera diserap oleh pasar, terutama oleh orang-orang yang membutuhkan untuk pengobatan berbagai penyakit, seperti TBC, penyakit usus atau pencernaan dan penyakit perut.

Produksi secara komersial dalam skala yang lebih besar mulai dilakukan pada tahun 1930 di Rusia.

Pada tahun 1973, Irina Sakharova, saat dia berumur 85 tahun, mendapatkan penghargaan terima kasih dari Menteri Industri Makanan Uni Soviet atas jasanya membawa bibit kefir ke masyarakat Uni Soviet.

Sejak saat itu kefir perlahan-lahan mulai menyebar ke seluruh dunia. Kefir grain dari Kaukasus semakin menyebar ke banyak negara termasuk sampai ke tangan kita di Indonesia

Sampai saat ini kefir adalah susu fermentasi paling populer di Rusia. Data pada tahun 1980 menyatakan bahwa 65-80% minuman susu fermentasi di Rusia adalah kefir. Data itu juga menyatakan bahwa konsumsi kefir per kapita sejumlah 4,5 kg per kapita per tahun yang dipercaya tertinggi di dunia. Saat ini produksi kefir secara komersial telah ada di banyak negara Eropa Timur, Eropa Barat, Amerika, Australia, Asia Barat Daya, dan Asia Tenggara.

kefirsehat_com-logo

Info harga dan produk kefir, bisa menghubungi kami.

FAURA PROBIOTICS :
Perumahan Citraraya, Parkview Residence Blok Y8 No. 38, Cikupa, Tangerang
HP. 08121903281 (WA)
BBM : 5B9C79CF
Email : kefirsehatcantik@gmail.com
Website : http://www.kefirsehat.com
Contact : Fakhrudin Askan
Lokasi : Map

Bagikan informasi tentang Sejarah KEFIR kepada teman atau kerabat Anda.

Sejarah KEFIR | FAURA PROBIOTICS – PRODUSEN SUSU KEFIR MURAH – HP. 08121903281 (WA)

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
Rp 7.600
Ready Stock / FP0002
Popular!
Rp 12.100
Ready Stock / FP0017
SIDEBAR